bentuk kista yang hancur

Kenali Tanda-tanda Bentuk Kista Yang Hancur 

Tanda-tanda Bentuk Kista Yang Hancur 

Kista merupakan sebuah penyakit yang bisa tumbuh pada bagian tubuh manapun, namun kista biasanya akan menyerang pada wanita dan tumbuh diorgan reproduksi. Kista ini berbentuk seperti kantung berisi bisa cairan, gas, atau bahan semi padat. Kista dapat tumbuh besar dan walaupun masih  tumor jinak, jika tidak ditangani dengan secepatnya maka bisa berbahaya bagi kesehatan dan juga bisa berubah menjadi kanker karena pada beberapa kasus ditemukan sel kanker pada kista.

Penyakit kista ini banyak sekali macamnya dan isinya pun dapat beragam. Berikut ini merupakan macam-macam penyakit kista.

  • Kista Ovarium

  • Kista Evidermoid

Kista ini dapat tumbuh di bawah kulit, bisa di wajah, leher, punggung dan juga alat vital.

  • Kista Payudara

Kista ini tumbuh di area payudara, jika kista membesar maka akan sangat terasa menyakitkan.

  • Kista Dermoid

Kista ini bisa tumbuh di bawah kulit dan bisa tumbuh juga di organ tubuh lainnya seperti pada otak, tulang belakang, pada rongga perut, dan di dalam hidung. Isinyapun bisa berupa cairan, kelenjar, rambut, gigi, dan jaringan saraf.

  • Kista Ganglion

Benjolan yang tumbuh di area persendian, biasanya tumbuh di pergelangan tangan.

  • Kista Baker

Kista yang menimbulkan benjolan belakang lutut, bisa mengakibatkan bengkak dan menyebabkan rasa nyeri.

  • Kista Bartholin

Tumbuhnya benjolan disalah satu kelenjar di sisi vagina ataupun keduanya.

  • Kista Ginjal

Kista yang tumbuh didalam ginjal. Ketika masih kecil kista tidak akan terasa sama sekali, namun ketika pertumbuhannya membesar, maka akan menimbulkan gejala lain contohnya seperti demam, sering buang aing kecil, dan terdapat darah pada urine.

Setelah mengetahui macam-macam kista di atas. Dan berikut merupakan tanda bentuk kista yang hancur atau sudah luruhnya kista dalam tubuh :

1. Benjolan sudah tidak lagi terasa

Semua kista menimbulkan benjolan, baik itu pada kulit, kemaluan, payudara ataupun pada ovarium. Bila kista tumbuh dikulit, saya rasa kamu akan gampang sekali untuk merasakan benjolannya, namun jika kista tumbuh pada organ dalam seperti ovarium, pasti akan sulit untuk dirasakan.

Caranya cukup mudah, setidaknya kamu merasakan gejala walaupun sedikit, bila benjolan membesar pasti gejalanya akan bertambah, dan bila berkurang maka berarti kista sudah mengecil atau bahkan hilang.

2. Rasa nyeri hilang

Semua jenis kista pastinya akan menimbulkan rasa nyeri. Rasa nyeri biasanya terasa ketika tersentuh atau tertekan. Jadi bila kamu misalnya menderita kista ada kulit yang awalnya jika tersentuh akan nyeri dan kemudian rasa nyeri itu hilang, berarti penyakit kista sudah hilang.

3. Haid kembali lancar

Jika kamu terkena kista ovarium, gejala yang akan dirasakan salah satunya yaitu adanya gangguan pada haid. Baik itu siklus haid ataupun darah yang dihasilkan tidak seperti biasanya. Bila kista sudah hilang, maka masalah haid pun akan berjalan normal kembali.

4. BAB dan BAK normal kembali

Perlu kamu ketahui jika Buang Air Besar (BAB) tidak lancar disebabkan karena usus atau saluran cerna tertekan oleh kista yang sudah membesar. Akibatnya saluran cerna akan terhambat, sehingga penderita akan sulit untuk BAB.

Sedangkan, masalah ketika Buang Air Kecil (BAK), kista yang telah membesar bisa menekan kandung kemih. Akibatnya kandung kemih akan terasa penuh, padahal sebetulnya belum. Jadi penderita akan terus-terusan selalu buang air kecil. Gejala ini terjadi pada seseorang yang terkena kista ovarium dan juga endometrium. Jika BAB dan BAK kamu sudah kembali normal, maka berarti kista yang diderita sudah luruh.

5. Bisa hamil kembali

Walapun banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan wanita sulit hamil, tapi jika itu karena kista, pasti siklus haid juga tidak akan lancar. Pada penderita kista ovarium, salah satu gejala yang berpengaruh besar yaitu kesulitan hamil. Jika kamu sedang menderita kista ovarium dan lama-kelamaan bisa hamil kembali, maka berarti kista yang diderita berarti sudah hilang.

Baca juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *