obat pencegah kista

Cara Mencegah dan Terhindar Dari Penyakit Kista

Obat Pencegah Kista

 Fungsiherbal.com РSeperti namanya, kista ovarium merupakan kista (kantung berisi cairan) yang terbentuk pada ovarium atau indung telur. Setiap wanita memiliki 2 ovarium, yang terletak pada bagian kanan dan kiri rahim, dengan ukuran sebesar biji kenari. Organ ini berfungsi menghasilkan sel telur pada setiap bulan, mulai dari masa pubertas hingga dengan menopause, dan memproduksi hormon estrogen dan juga progesteron. Fungsi ovarium terkadang bisa mengalami gangguan dan kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

Kista ovarium dibagi dalam dua jenis utama, salah satunya merupakan kista fungsional. Kista fungsional muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi. Kista yang tergolong umum terjadi ini tidak akan berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Jenis kista yang kedua merupakan kista patologis. Berbeda dengan kista fungsional, kista patologis mengandung sel yang abnormal. Pada sebagian kecil kasusnya, sel abnormal tersebut yang bersifat kanker.

Kista ovarium umumnya tidak menyebabkan gejala dan bisa hilang sendiri dalam beberapa bulan. Meskipun demikian, kista yang berukuran besar atau pecah berisiko akan mengakibatkan gejala serius, sehingga perlu ditangani melalui operasi. Gejala-gejala kista ovarium yang perlu Anda waspadai antara lain perdarahan yang lebih banyak daripada biasanya ketika menstruasi, siklus menstruasi yang tidak teratur, sulit hamil, rasa nyeri tulang panggul, nyeri ketika berhubungan intim, serta kesulitan buang air kecil.

Obat Pencegah Kista

Sebenarnya, hingga saat ini belum ada cara yang khusus yang efektif untuk mencegah kista ovarium. Namun, penyakit ini sedikit banyak bisa diminimalisir risikonya dengan menjaga kesehatan ovarium dan tubuh dengan keseluruhan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh Anda, tetapi juga kesehatan ovarium. Ada beberapa aturan yang bisa dilakukan dalam menjaga agar makan kita selalu sehat, yaitu:

  • Menghindari semua jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Karena lemak jenuh tinggi bisa menyebabkan kista karena meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh serta meningkatkan peluang kanker .
  • Konsumsi jumlah protein yang sehat untuk tubuh yang kaya dengan protein seperti sayuran dan hewani.
  • Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah yang baik untuk mencegah terjadinya masalah keseimbangan hormon pada tubuh.
  • Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung hormon contohnya seperti produk kedelai.

2. Kelola Stres

Stres berlebihan bisa memicu masalah keseimbangan hormon dalam tubuh, tidak terkecuali hormon-hormon yang diproduksi oleh ovarium. Oleh karena itu, mengelola stres dengan baik bisa menjadi salah satu kebiasaan baik yang perlu diterapkan.

3. Cukup Tidur

Tubuh perlu waktu tidur serta istirahat yang baik dan cukup, untuk bisa mencapai keseimbangan. Kurang tidur tidak hanya bisa memicu terjadinya gangguan metabolisme, tetapi juga mengganggu keseimbangan hormon yang diproduksi oleh ovarium.

4. Hindari Alkohol dan Rokok

Minuman beralkohol dan rokok bisa  mengganggu metabolisme tubuh, serta merusak kesehatan organ reproduksi.

Baca juga

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *